Makalah Tentang Blog, Cara Membuat Blog


BLOG
Diajukan untuk memenuhi salah satu Tugas Terstruktur
Komunikasi dan Teknologi Informasi

Dosen Pengampu:
Winda Setya,S.Si.,M.Sc

Disusun Oleh: Kelompok 10
Novia Rizkianty  S      (1152070051)
Silvia Ariandini            (11520700)
Umamah Mahdiyah     (11520700)

Kelas/Semester: B/VI
Description: Description: Description: C:\Users\RISKA\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\11822495_453845304802255_411654152423843301_n.jpg
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2018

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan salam kita curahkan kepada jungjungan kita semua yakni Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, dan mudah-mudahan sampai kepada kita selaku umatnya.
Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bantuan dan peran dari pihak lain, makalah ini tidak akan terwujud sesuai dengan harapan. Untuk itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan dan manfaat khususnya bagi penulis  dan umumnya bagi semua pihak yang telah membaca makalah ini. Saya sadar dalam pembuatan makalah ini jauh dari kata sempurna dikarenakan keterbatasan kemampuan yang  dimiliki, oleh karena itu mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca.

Bandung, Mei 2018


                                                                                                 Penulis






BAB I

PENDAHULUAN

A.      Kata Pengantar

Perkembangan teknologi dan informasi sekarang ini sudah sangat pesat apalagi penyampaian informasi antar daerah ataupun antar negara sudah sangat memungkinkan. Pada media informasi online siapapun bisa menjadi peran yang membagikan informasi sedangkan berbeda dengan media informasi cetak yang erkadang jika ingin penyebarannya luas maka harus masuk pada lembaga-lembaga resmi terlebih dahulu seperti koran ataupun majalah. Salah satu media penyampaian media informasi secara online adalah blog. Penggunaan bllog yang mudah dan kemudahan akses juga mejadikan blog semakin populer dikalnagan para penulis kecil ataupun dalam skala yang lebh besar. Menyebaran informasi pada blog ini tentunya tidak terbatas bisa mengenai politil, pendidikan, kesehatan ataupun hanya sebaga sarana alternatif menyimpan file-file yang kita punya ataupun berbagi info yang kita ketahui tentang suau hal. Maka dari itu kami ingin memperdalam mengenai blog itu sendiri maka dibuatlah makalah mengenai Blog.

B.       Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya kami merumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Apa pengertian dari blog?
2.      Bagaimana sejarah adanya blog?
3.      Apa saja fungsi dari blog?
4.      Apa saja jenis-jenis blog?
5.      Bagaimana cara membuat blog?
6.      Apa saja menu yang ada di blog?
7.      Bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog?

C.      Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah tujuan dari dibuatnya makalah ini adalah:
1.      Mengetaui pengertian dari blog.
2.      Mengetaui sejarah adanya blog.
3.      Mengetaui fungsi dari blog.
4.      Mengetaui jenis-jenis blog.
5.      Mengetaui cara membuat blog.
6.      Mengetaui menu yang ada di blog.
7.      Mengetaui cara mendapatkan penghasilan dari blog.

















BAB II

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Blog

Blog berasal dari kata “weblog”, yakni suatu aplikasi website yang mewadahi konten pengguna, baik berupa tulisan, foto maupun video. Ia pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, situs milik Pyra Labs. Tapi, di akhir tahun 2002 diakuisisi oleh Google. Sejak itu, muncul berbagai aplikasi open source yang membantu perkembangan para blogger (A, 2018).
Blog adalah singkatan dari web log yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan secara kronologis (waktu kejadian) mulai dari postingan yang terbaru berada di bagian atas halaman utama (halaman depan/homepage) diikuti postingan paling lama dibawahnya (A, 2018).
Sebagian besar blog dikelola oleh penulis tunggal, sedangkan sisanya dipelihara beberapa blogger dalam sebuah konsorsium. Ia dapat diakses oleh pengguna internet, tergantung pembahasan atau konten yang mereka perlukan dengan cara menuliskan keyword (kata kunci) tertentu di halaman pencarian, seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain (Munah, 2018).
Media tersebut rata-rata mempunyai fitur interaksi dengan visitornya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan tanggapan atas artikel nan dipublikasikan. Meski demikian, ada pula blog yang bersifat non-interaktif, yakni hanya dipergunakan bagi kalangan terbatas, misal milik institusi sekolah atau universitas. Saat ini ada dua platform blog yang paling populer, yaitu Blogger.com dan WordPress.com (Munah, 2018).

B.     Sejarah Blog

Blog merupakan hasil evolusi dari diary online, diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pendiri dari internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yang membuat online diarynya Justin Links From The Underground ketika dia masih merupakan pelajar dari Swarthmore College. Kala itu, online diary pada umumnya merupakan website yang berisi kumpulan link menuju halaman web lain yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut. Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link berdasarkan opini pemilik. Para diarist adalah editor yang memilih link mana yang menarik dan menampilkan link tersebut di online diarynya.
Pada tahun 1997 Jorn Barger seorang programer yang juga mengelola website online diary “Robot Wisdom”  menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “Logging the Web” Logging bisa diartikan masuk. Jadi Logging the Web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.
Hingga 1998 baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog sehingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan.
Pada tahun 1999 Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”. Dari titik itulah semuanya berubah, semakin hari semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.
Di titik ini blog benar-benar berubah, bahkan definisi blog mulai bergeser. Blog yang awalnya merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog yang ditampilkan secara kronologis terbalik.
Blog bertumbuh demikian cepat, terlebih setelah Movable Type diluncurkan dan wordpress sebagai project kelanjutan cms b2 dirilis ke publik sebagai blog engine. Setelah itu, blog dan blogosphere terus berevolusi menjadi blogosphere yang kita yang ada sekarang ini (Kuwarasan, 2011).

C.    Fungsi Blog

1.      Sebagai Catatan Pribadi
Salah satu fungsi dari blog adalah sebagai catatan pribadi seperti pengalaman hidup, curhat (Curahan Hati), tulisan mengenai hobi dan catatan pribadi lainnya. Biasanya blog pribadi seperti ini hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu misalnya teman dekat ataupun kerabat.
2.      Sebagai Media Promosi
Selain untuk catatan pribadi blog juga bisa digunakan untuk media promosi, kita bisa memanfaatkan untuk menjual barang, jasa atau produk lain yang kita miliki dengan tujuan untuk mendapatkan uang dari hasil promosi yang kita lakukan melalui blog
3.      Sebagai Media Informasi
Fungsi dan manfaat blog selanjutnya adalah sebagai media informasiblog dapat digunakan untuk berbagi informasi kepada orang lain dengan tujuan orang lain tahu tentang informasi yang kita bagikan, misalnya informasi seputar handphone, informasi ini sangat berguna bagi orang yang ingin mencari dan membeli handphone baru, dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita bagikan melalui blog.
4.      Sebagai Media Belajar
Blog dapat dimanfaatkan juga sebagai media belajar, misalnya membuat blog dengan tema tutorial blog, blog dengan tema ini sangat bermanfaat untuk orang yang ingin memulai di dunia blogging. Atau tutorial hijab dan masih banyak lagi tema tutorial yang bisa kita tuangkan ke dalam blog dengan tujuan semua orang bisa belajar melalui blog yang dibuat (Munah, 2018).

D.    Jenis-Jenis Blog

1.      General Blog
General Blog biasanya berisi berbagai macam tema atau topik, blog seperti tidak membahas topik tertentu bahkan bisa saja semua topik dibahas. Blog seperti ini biasanya disebut blog gado-gado alias blog campuran.
2.      Niche Blog
Niche blog adalah sebuah blog yang membahas topik khusus, orang yang membuat niche blog tidak akan membahas topik lainnya. Misalnya blog dengan topik kesehatan, seluruh isi blog akan membahas tentang seputar kesehatan.
3.      Vlog
Vlog adalah singkatan dari Video Blog. Vlog yaitu sebuah blog yang berisi konten video. Jadi semua isi blog ini adalah video
4.      Microblog
Microblog merupakan sebuah blog yang menyediakan tulisan ataupun teks terbatas seperti twitter, facebook dan lain-lain.
5.      Audio Blog
Audio blog merupakan sebuah blog yang berisi audio mp3 dan musik atau audio mp3 yang ada didalam blog ini bisa kita dengar dan bisa kita download.
6.      Photoblog
Photoblog merupakan sebuah blog yang kontennya berisi foto
(Munah, 2018).

E.     Cara Membuat Blog

1.      Langkah pertama buka browser di komputer, langsung saja kunjungi alamat ini. www.blogger.com atau klik di sini
2.      Maka akan langsung dibawa ke halaman utama blogger, untuk membuat blog baru, dari halaman utama ini klik “create your blog”.
3.      Kemudian, siapkan akun email (gmail), lalu masukkan alamat email dan passwordnya. Hampir sama seperti ketika login ke email.
Description: cara membuat blog di blogger

4.      Setelah itu menentukan atau memilih profil mana yang nantinya akan ditampilkan di blog ketika pengunjung membaca kontent yang di posting.
Description: cara membuat blog di blogger

Untuk memilih profil google +, maka klik di “create a google + profile”, selanjutnya klik “create profile”
5.      Jika sudah masuk ke akun blog yang sudah dibuat untuk melengkapi data tentang blog langsung klik “Continue to blogger”.
Description: cara membuat blog di blogger

Bila baru pertama kali membuat blog, akan muncul tulisan seperti gambar berikut ini. Kotak merah abaikan saja. Langsung klik “create new blog”
Description: cara membuat blog di blogger

6.      Langkah selanjutnya adalah memberi judul blog, membuat alamat dan memilih tema pertama untuk blog
Description: cara membuat blog di blogger

a.       Title (judul blog) – Ini adalah nama blog, gunakan dua kata singkat seperti “Tentang Hidupku” kalau ini adalah blog pribadi ada, bisa juga “Catatan Harianku”, bisa juga “Tutorial Komputer” dan lain sebagainya.
b.      Address (alamat) – Cari nama yang singkat, mudah dihafal, unik, dan belum digunakan orang lain. Contoh : catatanku, langkahku, jalanku, tutorialkomputer, dan lain sebagainya. Bila mendapati seperti ini:
Description: cara membuat blog di blogger

Berarti alamat blog tersebut sudah digunakan orang, cari nama alamat lainnya yang masih bisa digunakan (Setyaji, (2012).

F.     Menu di Blog



Dapat dilihat pada gambar diatas yang merupakan menu-menu yang akan dipelajari, mulai dari atas sampai ke bawah yaitu:
1)      Postingan
Untuk membuat postingan baru dan melihat postingan yang sudah kita terbitkan (semua postingan akan terlihat disitu)
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiT6i-ZGkJl6-o3ZCz7DLB0fMWICRrfFaW4Nne14GzLPoyb7Y-tclJxTv3_JuItbUaBOtqom3mAeZDW-RI6wRUO2euBGuGfyWlU3gUyXq1R1LviDnxrNnHvR875orr8m1S6goKwZyxxatzL/s400/1.png

Jika klik pada menu postingan dan blog masih baru maka postingan masih (kosong). Untuk membuat postingan cukup klik pada tulisan Entri Baru (seperti tanda panah) gambar diatas, setelah itu maka akan menampilkan halam postingan seperti pada gambar dibawah ini:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6cJNjarpTveFwqKxvR9FNcmx73TB2IDImROJpc3e5z1QECsv_anrN60wOIaTo4Cg4c-szVK7avMa4hByxB6wulHePQBXOqw5xTacxs4S4RkORpcrpyFQF_E3JkCjMV6UExkDtJgx-LTrF/s640/3.png

Terlihat pada gambar tampilan dari postingan berikut penjelasannya:
1.  Untuk membuat Judul dari Artikel Postingan kita (kita mau membuat untuk Judul dituliskan pada nomor 1)
2.  Untuk Tulisan Artikel nya (menulis disitu apa yang akan kamu tulis)
3.  Untuk Publikasikan jika sudah selesai dalam membuat Artikel Postingan
4.  Untuk menyimpan postingan kita (apa bila akan diselesaikan nanti
5.  Untuk Pratinjau (melihat postingan kita terlebih dahulu sebelum di publikasikan)
6.  Tutup (untuk menutup postingan) jika postingan kita ingin di tutup
7.  Label (untuk memberikan Label pada postingan) Contoh : kita akan membuat artikel mengenai Tutrial Olah Raga, maka untuk mengumpulkan postingan berikutnya agar lebih tampil rapi, maka diberikan label (Tutorial Olah Raga) Jadi nanti Postingan tersebut akan berkumpul menjadi satu di Label (Tutorial Olah Raga) yang kita buat
8.  Jadwal (untuk memberikan jadwal kapan postingan akan terbit) kita bisa mengaturnya di nomor 8
9.  Tautan Permanen (untuk mengatur Link)
10.   Lokasi (untuk mengatur Lokasi kita)
11.   Pilihan (untuk mengatur komentar,Mode tulis,Baris baru) jika postingan kita tidak ingin ada yang berkomentar maka kita bisa mengatur disitu ,tapi (biarkan saja seperti settingan default saja) tidak usah merubahnya

2)      Statistik
Menu  selanjutnya yang disediakan oleh blogger adalah Statistik. Pada statistik kita dapat melihat banyaknya orang yang mengakses blog yang telah dibuat. Pada statistik terdapat beberapa komponen lagi yaitu ikhtisar, postingan, sumber lalu lintas dan pemirsa. Untuk di ikhtisar merupakan rangkuman ataupun kesimpulan dari semua data statistik yang mengunjungi blog. Terlihat pada gambar bahwa data statistik ini adalah akumulasi pengunjung yang membuka blog dari tanggal 15 Mei 2018 sampai 22 Mei 2018. Selain disajikan dalam bentuk data disajikan pula dalam bentuk grafiknya sehingga memudahkan melihat fluktuasi pengunjung, disini juga dapat melihat dari negara mana saja yang sudah mengakses dan browser mana saja yang dipakai untuk mengakses blog ini. Penyaringan data bisa dipisahkan menurut sekarang, berdasarkan hari, minggu, bulan maupun dari pertama kali blog dibuat.
Description: F:\makalah ti\1.png 

Pada fitur postingan, sumber lalu lintas dan pemirsa jika di klik masing-masing memiliki data yang lebih detail daripada informasi yang disajikan di ikhtisar. Berikut contoh tampilan dari postingan, sumber lalu lintas dan pemirsa
Description: F:\makalah ti\2.png

Description: F:\makalah ti\3.png
                Gambar 12. Contoh tampilan pada menu Sumber Lalu Lintas               

Description: F:\makalah ti\4.png
3)      Komentar
Komentar pada situs Blog dapat dilihat atapun dihapus pada bagian menu ini
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOkhDlSqr87cSogi8F13GYUmRsVhKlI4GgozglVso4De2Pv9x8OSCAZXppU_r6buJRqnzwat-yc76Z82KPGfSTFIYon8Etbp2mLaB3ZXNEKpHOd0EvBKdN16tGo0w9y0la3t1FHZsP7VnZ/s400/5.png

Seperti gambar diatas, jika misalkan ada komentar yang mengandung unsur spam maka akan secara otomastis tersimpan pada menu spam itulah kelebihan Blogger.
4)      Kampanye
Untuk berikan Google Adwords jika situs Blog untuk dijadikan Bisnis dan ingin beriklan menggunakan Google Adwords maka klik pada area kampanye (seperti gambar dibawah ini)
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEienLNq4MgO7I3E_BIBS8EQRYPqUFTNezQIwWk9iNmFoSGeMpZeJCKRJk4sD7LQzZoGtWj5wPK1zBlMjVQWvMDeOfnsh8LZqnDq7Gr0MfLhdV4Lkp_dz1VJ_Ax56uc5TX9-4r_eNdt-tFOg/s640/6.png

Setelah membuka menu kampanye maka akan tampil seperti gambar diatas, untuk memulai periklanan nya klik pada Tulisan Mulai Sekarang dan Untuk Info Lengkap klik pada Info Lengkap maka nanti akan terhubung dengan Google adwords untuk membuat Akun Adwords dan melakukan priklanan dengan bantuan Google Adwords secara langsung.
5)      Halaman
Untuk membuat atau melihat Laman pada situs Blog kita jika kita ingin membuat laman seperti Beranda, privacy, mengenai kami bisa dengan klik menu halaman.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFl8-dqkSF1H4D_RptLxmYwLRnEF6S13-sRYIWmt6DGAndiGWq-CCYqwPCe2hwLBRyGjNw_b6j8lH8hedjPdYmjl9O2U8DivJue6UrKT8m09q1qIiFk345IHizf3NsrPXGZmjdJSnkc2H2/s400/7.png

Membuat laman klik pada tulisan Halaman Baru seperti tanda panah pada gambar diatas setelah itu maka akan tampil halam seperti dibawah ini:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiS9zlw3PETfPnMMD13GIrcipf71tlJVO7WYHLBSej3574hlsj9M6_meTa9P2LNCIZChzBglj6V1SEPjO_q6LIQe5LhPQXnkC27lrB6xZu0WZflhJtVkC6JPj4mC_drCEN3OQpn3zZiV_K/s400/8.png

Penjelasan nomor pada gambar diatas hampir mirip dengan tampilan Postingan, bedanya seperti tanda panah diatas
1.      Untuk kita mengatur Boleh atau tidak orang berkomentar pada Laman kita
2.      Untuk mengatur Tulisan Mode HTML
3.      Untuk mengatur Baris Baru seperti Tag saran untuk pada keterangan nomor (2) dan (3) jika kita belum mengenal nya atau asing, biarkan saja settingan nya seperti itu.
(h, 2017)
6)      Tata Letak
Menu ini untuk mengatur tata letak atau tampilan pada blog. Biasanya sesuai dengan tema yang dipilih, contohnya pada gambar disini menggunakan tema Favicon sehingga susunannya seperti pada gambar.



Kita juga dapat menambahkan widget, terdapat 26 widget diantaranya penelusuran blog, HTML/Java script, profil, arsip blog,  header halaman, pengikut, gambar, label, halaman, daftar link, logo dan banyak lagi. Jiga ditambahkan widget ini nantinya akan ada pada halaman blog

7)      Tema
Theme (tema) – Pilih salah satu diantara beberapa tema (template) yang disediakan. Nanti kita bisa menggantinya dengan tema yang kita inginkan, bisa kita download gratis atau kita beli premium.Kemudian klik “create blog”
Sekarang silahkan masuk terlebih dahulu ke Blogger Untuk membuka halaman Dashboard dan melihat menu seperti gambar dibawah ini (tampilan nya). (Setyaji, (2012)
8)      Setelan
Pada menu ini kita dapat menentukan pengaturan mengenai blog. Ada beberapa sub menu yaitu sebagai berikut:
a.       Dasar
Pada sub menu dasar ini terdapat pengaturan dasar seperti mengatur judul, deskripsi, privasi, alamat blog, penulis blog dan pembaca blog.
Description: F:\makalah ti\1a.png

b.      Postingan, komentar dan berbagi
Pada menu ini kita dapat mengatur jumlah post yang akan kita tampilkan di laman utama, mensetting komentar yang masuk seperti siapa saja yang dapat mengomentari postingan dan juga dengan membagikan komentar menggunakan akun google+

c.       Email
Menu ini berisi pengaturan mengenai email admin dan notifikasi ke email jika ada komentar yang masuk

d.      Bahasa dan Pemformatan
Menu untuk mengatur bahasa yang digunakan juga format waktu yanf digunakan

e.       Preferensi Penelusuran
Menu ini terdapat pengaturan untuk tag meta, kesalahan dan pengalihan juga perayap dan pengindeksan dengan custom robots

f.       Lainnya
Disini digunakan untuk expot dan import, hapus blog, feed situs, url open ID, konten dewasa dan google analyics

g.      Setelan Pengguna
Menu ini pengaturan untuk menambha atau mengganti pengguna dar situs blog kita juga untuk bahasa yang digunakan pada blog tetapi biasanya sudah otomatis digunakan sesuai dengan akun google yang dipunya

G.    Mendapat Penghasilan dari Blog

Sudah dari sejak dulu blog merupakan salah satu sumber dari penghasilan beberapa orang, mungkin bagi pemula hal ini masih sangat jauh untuk diraih tetapi dengan pembuatan konten blog yang menarik dan bermanfaat tidak mustahil hal ini akan didapat. Mengenai hasil pendapatan terdapat dua jenis pendapatan di blog yaitu:
1.      Pendapatan langsung
Blogger bisa meletakkan iklan AdSense di blog dan mempromosikan beberapa produk di Amazon sebagai afiliasi dan semakin banyak pembaca, berarti semakin banyak pemasukan mulai mengalir. Saat traffic tumbuh, pemasukan juga tumbuh, dan bisa bereksperimen dengan bentuk pemasukan langsung lain seperti menjual iklan langsung ke pengiklan.
2.      Pendapatan tidak langsung
Ketika blog dan profil mulai tumbuh sebagai hasil dari blogging, maka bisa menjual jasa sebagai pembicara dan konsultan atau mendapat tawaran menulis buku dari penerbit. Atau bisa juga mengadakan sebuah event yang menghasilkan uang. Semua pendapatan ini tidak datang langsung dari blog tapi dikarenakan adanya blog yang dikelola dengan baik.
Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat blog yang dibuat menjadi menghasilkan bagi pembuatnya:
a)      Pendapatan dari iklan
Memperoleh pemasukan  blog dengan cara ini tidak jauh berbeda dengan bagaimana majalah atau koran menjual iklan mereka. Ketika traffic blog mulai naik, maka akan ada pengiklan yang bersedia mengeluarkan biaya agar produk atau layanan mereka bisa dilihat pembaca blog. Untuk penerbitan skala kecil ada Google AdSense yang memungkinkan menjalankan iklan di blog mereka.
b)      Pendapatan dari afiliasi
Pemasukan afiliasi  berarti membuat tautan ke sebuah produk yang dijual di situs lain, misalnya di Dewaweb, dan bila seseorang mengikuti tautan tersebut dan membeli produk tersebut maka akan memperoleh komisi dari penjualan.
c)      Mengadakan event
Ukuran event yang diadakan bervariasi mulai dari konferensi besar hingga pertemuan blogger dan pembaca dengan skala lebih kecil. Uang yang dihasilkan bisa dari pembayaran tiket oleh pembaca yang hadir atau menemukan sponsor event.
d)     Recurring Income
Kategori lain untuk pemasukan para blogger adalah melalui recurring income atau bisa juga disebut continuity program atau membership program. Ini berarti pembaca membayarkan sejumlah uang secara teratur, biasanya bulanan atau tahunan, untuk mendapat akses ke konten premium, area komunitas, layanan tertentu, pelatihan, atau gabungan dari semuanya.
e)      Jasa atau layanan
Satu cara yang umum bagi banyak blogger untuk mendapatkan uang adalah melalui penawaran jasa ke pembaca mereka. Ini bisa banyak bentuknya mulai dari pelatihan dan konsultasi, penulisan, design, atau layanan freelance lainnya.
f)       Produk
Sebagian blogger mendapat penghasilan utama dari penjualan buku. Memang produk macam ini membutuhkan waktu untuk pembuatannya, tapi cukup menguntungkan. Produk bisa banyak bentuknya, tidak hanya berupa e-book, tapi juga bisa berupa produk virtual seperti software, laporan, dan sebagainya. Produk jenis lain yang dijual para blogger adalah produk fisik. Ini sangat wajar bila blogger  memiliki bisnis atau produk untuk dijual
g)      Aliran pendapatan lain
Tentu ada pemasukan dalam bentuk lain yang diperoleh blogger. Beberapa berupa permintaan donasi atau sindikasi konten ke situs lain. Kebanyakan blogger full time menghasilkan uang dengan  lebih dari satu saluran penghasilan. Memvariasikan pemasukan mempercepat perjalanan untuk jadi blogger full time.


BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

       Blog berasal dari kata “weblog” yakni suatu aplikasi website yang mewadahi konten pengguna, baik berupa tulisan, foto maupun video. Fungsi dari Blog diantaranya yaitu sebagai catatan pribadi, media promosi, media informasi, media belajar. Jenis-jenis blog diantaranya yaitu General Blog, Niche Blog, Vlog, Microblog, Audio Blog, Photoblog.
       Cara membuat blog secara singkat yaitu hanya dengan memasuki website blogger.com dan masukan akun gmail yang telah dibuat maka blog dapat dikelola sesuai dengan kebutuhan dan tujuan awal membuat blog. Menu yang berada di blog diantaranya Postingan, Statistik, Komentar, Kampanye, Halaman, Tata Letak, Tema dan Setelan.
       Ternyata blog juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan bagi para pembuatya berikut beberapa cara yang dapat dilakukan blogger akan blog nya tersebut dapat menghasilkan uang yaitu cara memasang iklan, afiliasi, mengadakan event, recurring income, jasa atau layanan, produk dan lain sebagainya.

B.     Saran

Pembuatan blog membutuhkan akses internet yang cukup lama juga mengelola dalam kelangsungan berjalannya blog harus diperhatikan karena membutuhkan waktu yang lama meskipun kedepannya cukup mejanjikan.


DAFTAR PUSTAKA

 

A, N. Q. (2018). Pengertian Blog Beserta Sejarah, Fungsi dan Manfaat Blog yang Harus Anda Ketahui. Dipetik Mei Rabu, 2018, dari NESABA MEDIA: https://www.nesabamedia.com/pengertian-blog/
h, I. (2017). Fungsi dan Kegunaan Menu Yang Ada di Blog (Blogger). Jakarta: 2017.
Kuwarasan, K. (2011). Sejarah Blog. Dipetik Mei Rabu, 2018, dari Kumpulan Sejarah: http://juragansejarah.blogspot.co.id/2012/07/sejarah-blog-lengkap.html
Munah. (2018, Januari). PENGERTIAN BLOG, FUNGSI BLOG DAN JENIS – JENIS BLOG. Dipetik Mei Rabu, 2018, dari RADEN POST: https://www.radenpost.com/pengertian-blog/
Setyaji, J. d. ((2012). Buku Pintar Ngeblog. Jakarta: Media Kita.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Fluida Statis

Penerapan Arus Bolak Balik dalam Kehidupan